Seminar Universitas PGRI Semarang, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalitas Pendidik di Perguruan Tinggi dan sekolah”

Font Size: 
PENINGKATAN INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR PADA MATAKULIAH ZOOLOGI INVERTEBRATA DENGAN MODEL CONCEPT ATTAINMENT MELALUI LESSON STUDY
Endah Rita S.D1, Filia Prima A, Praptining Rahayu

Last modified: 2012-10-04

Abstract


Mata kuliah Zoologi Invertebrata kelas PGMIPABI  menuntut mahasiswa yang telah mempunyai keterampilan mengidentifikasi dan menemukan sebuah kesimpulan. Pelaksanaan mata kuliah zoologi invertebrata di IKIP PGRI Semarang dilaksanakan secara terpisah antara materi dan praktikum, sementara dalam pelaksanaan perkuliahan non praktikum mahasiswa biologi tetap dituntut untuk melakukan kerja ilmiah. Dalam hal ini dosen mata kuliah sudah berupaya memperbaiki proses pembelajaran untuk mendapatkan model pembelajaran zoologi invertebrata dengan Concept Attainment melalui lesson study, sehingga dapat meningkatkan interaksi belajar mahasiswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara kolaboratif oleh peneliti dan beberapa dosen dalam Lesson Study. Subyek penelitian  adalah mahasiswa kelas IIIA progdi pendidikan Biologi (kelas RSBI) yang dituntut pemahaman konten materi, pelaksanaan  kerja ilmiah, interaksi belajar dan penguasaan dari segi bahasa inggris diupayakan memiliki kemampuan lebih dari kelas pararel lain. Siklus pertama menunjukkan hasil interaksi dosen dengan mahasiswa kurang baik yaitu pada kriteria 46% untuk membandingkan atribut; 45,8%,  pencapaian konsep; 46,75% , Analisis strategi 46,75 dan kerja ilmiah 42. Sedangkan untuk pencapaian konsep pada siklus II meliputi;  identifikasi konsep 75%, pencapaian konsep 76,2%, analisis strategi 76,75 dan kerja ilmiah 75. Dengan demikian interaksi dosen dengan mahasiswa naik sekitar 30 % dari siklus pertama dan naik 40% dari prasiklus.

 

Kata kunci : interaksi belajar mengajar, concept attainment, lesson study


Full Text: PDF