Seminar Universitas PGRI Semarang, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalitas Pendidik di Perguruan Tinggi dan sekolah”

Font Size: 
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERKULIAHAN ANATOMI FISIOLOGI TUBUH MANUSIA BERBASIS ARGUMENTASI
Fenny Roshayanti, Muhammad Syaipul Hayat, Fibria Kaswinarni

Last modified: 2012-10-04

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap perkuliahan anatomi fisiologi tubuh manusia berbasis argumentasi dan menginventarisir kendala yang dihadapi dalam perkuliahan berbasis argumentasi. Penelitian dilakukan dengan metode observasi terhadap kelas model dalam kegiatan Lesson Study dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 28 mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FPMIPA IKIP PGRI Semarang semester VI (enam). Data penelitian dijaring dengan menggunakan instrumen angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari data angket, mahasiswa menunjukkan persepsi positif terhadap perkuliahan anatomi fisiologi tubuh manusia berbasis argumentasi. Dengan persentase yang tinggi mahasiswa menyatakan bahwa keterampilan argumentasi dapat diterapkan di dalam perkuliahan tersebut karena mahasiswa dapat saling bertukar pikiran untuk menggali konsep-konsep penting yang berhubungan dengan fenomena kehidupan. Begitupun dengan data yang ditunjukkan berdasarkan lembar observasi, mahasiswa dapat berpikir lebih komprehensif, memiliki inisiatif yang tinggi, mampu menyampaikan gagasannya secara komunikatif dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis.

 

Kata Kunci: persepsi mahasiswa, anatomi fisiologi tubuh manusia, argumentasi.