Seminar Universitas PGRI Semarang, “Peningkatan Kualitas Pembelajaran dan Profesionalitas Pendidik di Perguruan Tinggi dan sekolah”

Font Size: 
PENGARUH PENERAPAN LESSON STUDY TERHADAP KARAKTERISTIK MAHASISWA MATA KULIAH GEOMETRI
Supandi Supandi, Widya Kusumaningsih, Ida Dwijayanti

Last modified: 2012-10-04

Abstract


Reformasi pendidikan seyogyanya dimulai dari bagaimana siswa dan guru belajar dan bagaimana guru mengajar, bukan semata-mata pada hasil belajar (Brook & Brook, 1993). Salah satu model pembelajaran yang dapat melibatkan berbagai unsur terkait adalah Lesson Study karena berdasarkan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar (Jalal, 2007:1). IKIP PGRI Semarang merupakan salah satu perguruan tinggi yang dipercayai oleh Dikti untuk menjalankan program Lesson Study serta membuat pedoman tentang pendidikan karakter. Sehubungan dengan hal tersebut, pelaksanaan program Lesson Study dengan bertemakan pembentukan karakter.

Jenis penelitian ini ialah PTK yang memanfaatkan penerapan Lesson Study untuk membentuk karakteristik mahasiswa yang berprestasi dan berbudi luhur, memiliki nilai-nilai kehidupan dan karakter kebangsaan (IKIP, 2011). Pengambilan data menggunakan pengamatan aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran khususnya aktivitas sebelum penerapan Lesson Study dibandingkan dengan sesudahnya. Analisis data menggunakan uji regresi untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya. Nilai sig yang dihasilkan 0.003< 5%, maka H0 ditolak yang mempunyai arti bahwa antara karakter mahasiswa dengan prestasi belajar mempunyai hubungan yang berarti dengan pengaruh 50,4%. Selain itu, akan diuji pula ketuntasan prestasi belajar siswa yang didapat dengan metode tes untuk kemudian dianalisis menggunakan uji one sample t-test. Dari hasil perhitungan diperoleh  sig = 0,000 <= 0,05, artinya nilai mahasiswa tidak sama dengan rata-rata ketuntasan belajar yang diprogramkan 65 yaitu 75,14. Dengan kata lain, mahasiswa melampaui KKM yang ditetapkan.

 

Kata Kunci : Pengaruh, Lesson Study, karakter, mahasiswa