Last modified: 2015-04-06
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh 1) Adanya kecenderungan menggunakan metode ceramah yang banyak digunakan disetiap pembelajaran 2) Penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariasi 3) Hasil belajar pembelajaran yang diperoleh siswa kelas IV rendah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah Metode Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Tabung Rahasia Efektif Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi serta pengalaman menggunakannya Siswa Kelas IV SDN Kalipucang Kulon 01 Jepara?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui Keefektifan Metode Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Tabung Rahasia terhadap Hasil Belajar IPS. Hasil analisis data penelitian uji hipotesis diperoleh harga thitung sebesar 3,003 ttabel sebesar 1,68 dengan demikian thitung > ttabel atau 3,003 > 1,68 maka maka Ho ditolak dan H1 diterima atau dapat dikatakan bahwa perbedaan rata-rata kondisi awal dengan kondisi akhir signifikan. Kesimpulannya adalah terdapat keefektifanMetode Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Tabung Rahasia Efektif Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Mengenal Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi serta pengalaman menggunakannya Siswa Kelas IV SDN Kalipucang Kulon 01 Jepara.
Kata Kunci: Media Pembelajaran Scramble, Media Tabung Rahasia, Hasil Belajar Siswa
ABSTRACT
This banckground of the research: 1) Utilizing of lecture methode in each learning process, 2) There is not variation method, 3) Output student of IV class in learning process is low.The problem inspected in this reseacrh is Scramble method with secret tube media effective for result of student’s study in social studies to know development of technology production, communication, transportation, and experiences to use for IV class student of SDN Kalipucang Kulon o1 Jepara?. Objective that will be reach in this research is to know the effectiveness of Scramble method with secret tube media for result of student’s study in social. Output of research data test hypotesis analysis obtained t count is 3,003, t table is 1, 68 for thus t count>t table or 3,003> 1,68 so Ho get the mitten and H1 accepted or it says that defferences of avarage first condition and last condition are significant. The conclusion is, there are effectiveness of Scramble method with secret tube media effective for result of student’s study in social studies to know development of technology production, communication, transportation, and experience to use for IV class student of SDN Kalipucang Kulon o1 Jepara.
Keyword:Scramble Method, Secret Tube Media, Result Of Student’