Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
KORELASI TINGKAT INTELIGENSI SISWA DENGAN HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF SISWA KELAS I SD NEGERI JABUNGAN SEMARANG
Moh. Aniq

Last modified: 2015-04-05

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perbedaan hasil tes inteligensi pada siswa kelas I SD Negeri Jabungan Semarang yang menyebabkan adanya asumsi dari beberapa guru bahwa siswa yang memiliki tingkat inteligensi tinggi dipastikan memiliki keberhasilan belajar yang baik. Selain itu kegiatan penilaian yang dilakukan di sekolah hanya mengacu pada penilaian kognitif saja. Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar korelasi tingkat inteligensi siswa dengan hasil pembelajaran tematik integratif kelas I SD Negeri Jabungan Semarang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan tingkat inteligensi siswa dengan hasil pembelajaran tematik integratif kelas I SD Negeri Jabungan Semarang. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara tingkat inteligensi siswa dengan hasil pembelajaran tematik integratif kelas I SD Negeri Jabungan Semarang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian yaitu metode korelasional. Hasil penelitian menunjukkan  terdapat hubungan yang positif dan signifikan tingkat inteligensi siswa dengan hasil pembelajaran tematik integratif kelas I SD Negeri Jabungan Semarang sebesar 70%. Artinya 70% hasil belajar peserta didik dipengaruhi oleh tingkat inteligensi, sedangkan sisanya 30% dipengaruhi oleh faktor lain seperti lingkungan, motivasi, fasilitas belajar dan lain sebagainya. Hasil analisis korelasi sederhana rxy menggunakan korelasi product moment sebesar 0,835 pada taraf signifikan 5%.

 

Kata Kunci: pembelajaran tematik integratif, hasil belajar, inteligensi


Full Text: 622-628