Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
ANALISIS PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANTARSISWA DI SD NEGERI ROGOMULYO 01
Jayanti Ratnasari, Iin Purnamasari

Last modified: 2015-04-05

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya interaksi sosial antarsiswa dan kurangnya kemampuan guru dalam mengelola kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengaruh pengelolaan ruang kelas terhadap interaksi sosial antarsiswa di SD Negeri Rogomulyo 01?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan ruang kelas terhadap interaksi sosial antarsiswa di SD Negeri Rogomulyo 01. Hasil analisis data penelitian dengan menggunakan lembar angket dan observasi menunjukkan bahwa dalam pengelolaan ruang kelas yang baik terdapat interaksi sosial yang baik pula. Sebaliknya jika pengelolaan kelas rendah maka interaksi sosial antarsiswa yang terjadi juga rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwapengelolaan kelas berpengaruh terhadap interaksi sosial antarsiswa.

 

Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Interaksi Sosial Antar siswa.

 

ABSTRACT

This research is motivated by the lack of social interaction antarsiswa and lack of ability to manage classroom teachers. The problem in this research is "How does the management of the classroom to the student-student interaction in elementary school social Rogomulyo 01?". This study aims to determine the effect of classroom management to social interaction in primary school antarsiswa Rogomulyo 01. The results of data analysis using questionnaires and observation sheet shows that in a good classroom management are good social interaction as well. Conversely, if the management of low-grade the student-student social interaction that occurs is also low. So it can be concluded bahwapengelolaan social class affect the student-student interaction.


Keywords: Classroom Management, Social Interaction Between students.

Full Text: 589-599