Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
Pendidikan Karakter Bangsa bagi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Lingkungan
Titik Haryati, Oktaviani Adhi Suciptaningsih, Rahmat Sudrajat

Last modified: 2015-04-05

Abstract


Pendidikan karakter bagi siswa di sekolah dasar merupakan suatu usaha sadar dan sistematis dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa  yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan dan tindakan, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia yang bermartabat. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter bangsa bagi siswa sekolah dasar berbasis lingkungan. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas 2 SD N 2 Sekaran dan siswa kelas 2 SD N 2 Ngijo. Dalam penelitian ini sumber data yang digunakan adalah subyek penelitian, informan, dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumen. Analisis data menggunakan tahapan penelitian kualitatif menurut Spradley. Sedangkan dalam memeriksa validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter bangsa di SD dilakukan dengan tiga cara yakni, terintegrasi dengan berbagai mata pelajaran, melalui pembiasaan dan keteladanan serta melalui kegiatan ekstrakurikuler. Pelaksanaan pendidikan karakter bangsa bagi siswa sekolah dasar berbasis lingkungan belum bisa dilakukan secara maksimal, disebabkan oleh kendala yang muncul selama pelaksanaan, seperti keterbatasan pengetahuan guru dan karyawan, keterbatasan sarana dan prasarana, serta keterbatasan ruang dan waktu. Kesimpulannya adalah bahwa keberhasilan pendidikan karakter di SD berbasis lingkungan ditentukan oleh maksimalnya berbagai unsur lingkungan yang ada dalam lingkup pendidikan anak.

 

Kata Kunci

:

Pendidikan Karakter Bangsa, Siswa Sekolah Dasar Lingkungan,

 

ABSTRACT

 

Character education for students in elementary school is a conscious and systematic effort to instill character values ​​to students, which includes knowledge, consciousness or volition and action, both against Almighty God, ourselves, others the environment, or nationality to become human dignified. This study has the objective to investigate the implementation of a national character education for elementary school students based environment. This research was conducted by using descriptive qualitative analysis. Subjects of the study were students of class 2 SD N 2 Sekaran and elementary grade students 2 SDN 2 Ngijo. In this study the data source used is the subject of research, informants, documentation. Data collection techniques used were interviews, observation and documents. Analysis of data using qualitative research phases according to Spradley. While in checking the validity of the data using data triangulation technique. The results showed that the nation's character education in elementary done in three ways, namely, integrated with a wide range of subjects, through habituation and ideals as well as through extracurricular activities. Implementation of national character education for elementary school students based environment can not be done optimally, due to constraints that arise during the implementation, such as lack of knowledge of teachers and employees, facilities and infrastructure, as well as the limitations of space and time. The conclusion is that the success of character education in elementary school-based environment is determined by the maximum various environmental elements that exist within the scope of children's education.

Keyword: National Character Education, Elementary School Student, Environment

Full Text: 559-567