Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
KIT PERAGA “WARNA-WARNI INDONESIA” UNTUK PEMBELAJARAN DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Elga Rizky Veronika, Joko Siswanto, Kiswoyo Kiswoyo

Last modified: 2015-04-05

Abstract


Tujuan dari Penelitian ini adalah : 1) mengkaji alat peraga yang terdapat di dalam buku siswa khususnya mata pelajaran maupun di sekolah dasar. 2) mengembangkan KIT peraga “Warna-Warni Indonesia” untuk pembelajaran di kelas IV sekolah dasar. Dalam penelitian ini peneliti akan menggunakan desain four D. Pada penelitian yang lain, ada yang menyebutkan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), akan tetapi desain four D (Define, Design, Develop, Disseminate). Adapun langkah-langkah penelitian ini adalah Define (Pendefinisan), pada tahap ini peneliti akan memunculkan dan menetapkan masalah dasar yang dihadapi guru selama proses pembelajaran. Design (Perancangan) setelah peneliti menemukan masalah dasar dari penelitian tersebut.  Peneliti akan merancang alat peraga yang sesuai dengan tema tersebut, karena alat peraga yang akan dicipatakan adalah untuk pembelajaran tematik. Develop (Pengembangan) peneliti telah merencanakan alat peraga maka peneliti mengembangkan alat peraga tersebut. Sehingga pada tahap ini dilakukan penilaian ahli/validasi ahli  yang disertai dengan revisi secukupnya. Kemudian dilakukan implementasi di sekolah dasar dengan alat peraga. Pada tahap terakhir adalah Disseminate (Penyebaran) alat peraga yang sudah dikembangkan, divalidkan, dan diimplementasikan maka dilakukan pengukiran ketercapaian tujuan pembelajaran dengan cara alat peraga tersebut digunakan pada proses pembelajaran pada sekolah dan daerah yang berbeda akan tetapi menghasilkan hasil pembelajaran yang sama. Pada tahap ini peneliti tidak melakukannya karena peneliti hanya sampai dengan ujicoba terbatas. Untuk pengumpulan data peneliti menggunakan tes, angket atau kuesioner, dan lembar observasi. Sedangkan untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa, peneliti menggunakan poste test.  Hasil dari penelitian ini adalah ketika siswa menggunakan alat peraga ini, siswa dengan mudah memahami materi karena pembelajaran yang dilakukan dengan bermain. Sehingga pembelajaran tidak membosankan dan menarik perhatian siswa. Hasil belajar siswa juga meningkat karena siswa yang mendapatkan nilai di bawah 70 atau di bawah KKM hanya 2 orang siswa saja. Sehingga dapat dikatakan bahwa KIT peraga “Warna-Warni Indonesia” efektif digunakan pada pembelajaran di kelas IV sekolah dasar.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, KIT peraga, Pembelajaran Tematik


Full Text: 479-484