Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
KAJIAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEPRAMUKAAN DI SEKOLAH DASAR
Safitri Apriyani, Iin Purnamasari

Last modified: 2015-04-05

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi penyimpangan perilaku pada peserta didik, perilaku guru dan sekolah yang lebih disibukan dengan peningkatan prestasi akademik peserta didik dari pada karakter yang dimiliki siswa, sedangkan kepramukaan yang mempunyai banyak dampak positif dalam pembentukan karakter peserta didik tidak dimanfaatkan dengan baik oleh guru. Hal ini dapat terjadi karena guru hanya menjadi pembina dan pembantu pembina pada saat akan ada lomba pramuka atau pesta pramuka. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini apakah manfaat kepramukaan bagi peserta didik SD? dan bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter dalam kepramukaan di SD Negeri 03 Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara?

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Setting tempat penilitian ini di lakukan di SD Negeri 03 Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara selama empat minggu di Bulan Februari dan Maret, Subyek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas tiga, empat, dan lima, serta pembina dan pembantu pembina di SDN 03 Sidigede.Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah dideskripsikan, maka banyak nilai-nilai karakter pendidikan yang dapat dikaji dalam kepramukaan melalui pembiasaan, kegiatan pramuka, pemberian tugas, motivasi, permainan kelompok, dan pemberian motivasi oleh pembina dan pembantu pembina. Manfaat yang diperoleh peserta didik yaitu peserta dibiasakan memilki karakter yang baik tidak hanya kemampuan akademik saja.

 

Kata kunci: Kajian, nilai, pendidikan, karakter, dan kepramukaan.

 

ABSTRACT

The background of this study deviant behavior to students, teachers and school behavior were more preoccupied with the academic achievement of students from the character of the students, while scouting which has a lot of positive impact in shaping the character of learners are not put to good use by teachers. This can happen because the teacher only become coaches and helpers builder at the time there will be a race scout or scout party. The problems revealed in this study whether the benefits of scouting for students SD? and how the values ​​of character education in Scouting in SD Negeri 03 Sidigede Welahan District of Jepara district?

This research is qualitative descriptive. Setting where this research was conducted in 03 primary schools Sidigede Welahan District of Jepara regency during four weeks in February and March, the subjects of the study is students grade three, four, and five, as well as coaches and helpers builder in SDN 03 Sidigede.Berdasarkan the results of the data analysis after the study is described, then many of the values ​​of character education that can be studied in scouting through habituation, scout activities, assignments, motivation, group games, and providing motivation by coaches and helpers builder. The benefits obtained by the students are familiarized participants have the good characters are not just academic ability.

Keywords: Assessment, values, education, character, and scouting.


Full Text: 449-461