Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PERMAINAN ‘DRAGON MATH” PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Rida Fironika

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Belajar Matematika umumnya dikenal dengan mata pelajaran yang sangat membosankan, pelajaran yang tidak mempunyai daya tarik bagi siswa. Hal ini disebabkan karena dalam proses pembelajaran, guru selalu monoton dalam menyampaikan materi, tidak ada inovasi baru bagi guru agar siswa menjadi tertarik dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran.

Belajar sambil bermain merupakan suatu metode yang sangat menarik jika diterapkan dalam pembelajaran. Melalui metode ini, siswa akan lebih termotivasi, dan mereka akan merasa lebih senang dalam mengikuti pembelajaran yang lebih utama adalah siswa tidak merasa bosan. Sebuah permainan bisa menjadi salah satu faktor penguat memori. Pada saat bermain, tanpa disadari siswa banyak berinteraksi dengan materi yang sedang diajarkan, hal ini bisa menjadi salah satu faktor yang membuat mereka mudah mengingat materi tersebut. Di dalam permainan, para siswa banyak melewati momen yang sulit dilupakan.

Dengan membuat variasi jenis permainan yang diberikan, stimulus yang diterima siswa akan bermacam. Dengan menggunakan permainan “Dragon Math” siswa akan lebih bisa belajar memahami konsep dan ide baru dalam belajar. Siswa juga bisa melihat materi yang diajarkan dari perspektif yang belum mereka ketahui sebelumnya, sehingga mereka akan mulai bereksperimen dengan kemungkinan-kemungkinan dan variabel-variabel baru.

Kata Kunci: motivasi belajar. Metode bermain. Dragon Math


Full Text: 436-443