Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
PERSEPSI GURU TERHADAP PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR KECAMATAN SEMARANG SELATAN
Ninin Harjiyanti

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Sejak diterapkannya kurikulum 2013 pada tahun 2013 menimbulkan banyak persepsi yang positif dan negatif dari praktisi pendidikan terutama guru. Kurikulum 2013 menuntut guru untuk menjadi pribadi yang kreatif dan berpikir ilmiah. Hal ini menjadi kunci utama dalam mencapai tujuan pembelajaran kurikulum 2013. Kebanyakan guru berpendapat bahwa kurikulum 2013 sangat bagus diterapkan dalam pembelajaran. Akan tetapi, guru merasa kesulitan dalam proses penilaian yang dirasa rumit dan terlalu banyak aspeknya. Beberapa guru berpendapat bahwa pembelajaran kurikulum 2013 tetap dilanjutkan akan tetapi penilaiannya menganut penilaian KTSP. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru sekolah dasar mengenai pembelajaran tematik integratif kurikulum 2013.

 

Kata kunci: persepsi, kesulitan guru, kurikulum 2013.

 

 

Abstract

Since the implementation of the curriculum 2013 in 2013 lead to a lot of positive and negative perceptions of practitioners of education , especially teachers . Curriculum 2013 requires teachers to be creative personal and scientific thinking . This is the key factor in achieving the learning objectives of curriculum , 2013. Most teachers found a very nice 2013 curriculum applied in teaching . However , teachers feel difficulty in the assessment process are considered complicated and too many aspects. Some teachers believe that learning curriculum will be continued in curriculum 2013 , but his judgment embrace KTSP assessment . To that end , this study aims to determine the elementary school teachers' perceptions regarding the thematic learning integrative curriculum in 2013 .

Keywords : perception , difficulty teachers , curriculum 2013.


Full Text: 374-389