Last modified: 2015-03-31
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, pembelajaran konvensioanal monoton, tidak menggunakan media dalam pembelajaran, rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah pengaruh penggunaan media pembelajaran Flash Card terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas II SD N 1 Ngronggah Blora?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran Flash Card terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri 1 Ngronggah Blora. Berdasarkan pendapat dari beberapa ahli setelah mendapatkan perlakuan menunjukan bahwa motivasi dan hasil belajar menggunakan media flash card dapat meningkat. Kesimpulannya adalah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran flash card terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas II SD N 1 Ngronggah Blora.
Kata Kunci: Media Flash Card, Motivasi, Hasil Belajar.
ABSTRACT
This research is motivated learning process is centered on the teacher, learning konvensioanal monotonous, do not use the media in learning, lack of motivation and student learning outcomes. The problem in this research is "How does the use of instructional media Flash Card for motivation and learning outcomes of students in grade II SD N 1 Ngronggah Blora?". This study aims to determine the effect of the use of instructional media Flash Card for motivation and learning outcomes of students in grade II SD Negeri 1 Ngronggah Blora. Based on the opinion of some experts after getting treatment showed that motivation and learning outcomes using flash media cards can be increased. The conclusion is that there is the influence of media use flash cards for learning motivation and learning outcomes of students in grade II SD N 1 Ngronggah Blora.
Keyword: Flash Media Card, Motivation, Learning Outcomes.