Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI BANDUNGREJO 02 MRANGGEN
Henry Januar Saputra, Vina Mardliyatus Shofa

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis karangan narasi dan hasil belajar Bahasa Indonesia  dan guru tidak menggunakan model pembelajaran atau media dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah terdapat keefektifan media video animasi terhadap kemampuan menulis karangan narasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Bandungrejo 02 Mranggen?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media video animasi terhadap kemampuan menulis karangan narasi dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Bandungrejo 02 Mranggen.Hasil analisis data penelitian uji hipotesis diperoleh harga thitung sebesar 3,705 ttabel sebesar 1,68 dengan demikian thitung > ttabel atau 3,705 > 1,68 maka maka Ho ditolak dan H1 diterima atau dapat dikatakan bahwa perbedaan rata-rata kondisi awal dengan kondisi akhir signifikan. Kesimpulannya adalah terdapat keefektifan media video animasi terhadap kemampuan menulis karangan narasi dan hasil belajar siswa SD Negeri Bandungrejo 02 Mranggen”

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi, Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Kemampuan Menulis Karangan Narasi.


Full Text: 330-345