Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
ANALISIS NILAI KARAKTER PUISI DAN DONGENG PADA BUKU SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Normalita Normalita

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Artikel ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan karakter. Banyak fenomena keprihatinan karakter terutama yang terjadi pada anak sekolah dasar. Karakter Menurut Helen G Douglas karakter tidak diwariskan, tetapi sesuatu yang dibangun secara berkesinambungan hari demi hari melalui pikiran dan perbuatan, pikiran demi pikiran, tindakan demi tindakan.. Puisi dan dongeng diharapkan mampu untuk menanamkan nilai-nilai karakter untuk anak usia sekolah dasar Puisi dan dongeng pada buku siswa kelas V terdiri dari tiga puisi dan tiga dongeng. Tujuan artikel ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah nilai karakter yang ada pada puisi dan dongeng dalam buku siswa kelas V Sekolah Dasar. Setelah dianalisis ternyata terdapat banyak nilai karakter yang terdapat pada puisi dan dongeng.

Abstract

The background of this article is a degredation character. Some phenomens of degredation character that happens in a elemantary school’s student. Helen D Goudlas said that character isn’t ihherited. One builds its daily by the way one thinks and acts, thought by thought, action by action. Poetry and fairy tales can instilling character values for elemantary school’s student. Poetry and fairy tales on buku siswa kelas V compossed of three poetry anf three fairy tales. The goal of article is as a known how the character values of poetry and fairy tales on buku siswa kelas 5 on elemantary school. After analyse, poetry and fairy tales have character values.

Kata Kunci : Nilai karakter, puisi, dongeng, buku siswa


Full Text: 302-310