Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG MENENTUKAN BESAR SUDUT DENGAN SATUAN BAKU DAN TAK BAKU KELAS IV SD SEMESTER I
Ida Royani, Moh. Asrori

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang menentukan sudut dengan satuan baku dan tak baku kelas IV SD N 2 Sarirejo semester 1 tahun pelajaran 2013/1014.

Penelitian tindakan kelas dilatarbelakangi siswa banyak yang belum memahami materi dan hasil belajar banyak yang tidak tuntas penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang menentukan besar sudut dengan satuan tak mbaku dan satuan baku.

Penelitian ini dilaksanakan di SD N 2 Sarirejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal Semester I tahun pelajaran 2013/2014. Prasiklus dilaksanakan tanggal 16 september 2013. Siklus 1 dilaksanakan tanggal 20 september 2013 dan siklus II, 4 Oktober 2013. Dengan jumlah siswa 28.siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Make A Match banyak siswa yang tidak tuntas, setelah menggunakan pembelajaran Make A Match pada pembelajaran Matematika tentang menentukan besar sudut dengan satuan baku dan tak baku terbukti efektif hasil belajar meningkat dan tuntas. Sebelum perbaikan 28 siswa yang tuntas 42,8%,perbaikan siklus 1 dari siswa 28 yang tuntas 78,57% dan siklus 11 dari 28 siswa 100% tuntas.

Disimpulkan bahwa model pembelajarn Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika menentukan satuan baku dan tak baku di SD N 2 Sarirejo kelas IV semester 1 Tahun ajaran 2013/2014.

Kata kunci: make a match, hasil belajar, besar sudut.


Full Text: 274-286