Last modified: 2015-03-31
Abstract
Penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang menentukan sudut dengan satuan baku dan tak baku kelas IV SD N 2 Sarirejo semester 1 tahun pelajaran 2013/1014.
Penelitian tindakan kelas dilatarbelakangi siswa banyak yang belum memahami materi dan hasil belajar banyak yang tidak tuntas penelitian ini bertujuan mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang menentukan besar sudut dengan satuan tak mbaku dan satuan baku.
Penelitian ini dilaksanakan di SD N 2 Sarirejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal Semester I tahun pelajaran 2013/2014. Prasiklus dilaksanakan tanggal 16 september 2013. Siklus 1 dilaksanakan tanggal 20 september 2013 dan siklus II, 4 Oktober 2013. Dengan jumlah siswa 28.siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Make A Match banyak siswa yang tidak tuntas, setelah menggunakan pembelajaran Make A Match pada pembelajaran Matematika tentang menentukan besar sudut dengan satuan baku dan tak baku terbukti efektif hasil belajar meningkat dan tuntas. Sebelum perbaikan 28 siswa yang tuntas 42,8%,perbaikan siklus 1 dari siswa 28 yang tuntas 78,57% dan siklus 11 dari 28 siswa 100% tuntas.
Disimpulkan bahwa model pembelajarn Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar Matematika menentukan satuan baku dan tak baku di SD N 2 Sarirejo kelas IV semester 1 Tahun ajaran 2013/2014.
Kata kunci: make a match, hasil belajar, besar sudut.