Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK INTEGRATIF MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN STUDENT WORK SHEET KELAS IV SDN 1 SIMO
Tri Asnita Andhikawati, Nur Khoiri, Diana Endah Handayani

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Tri Asnita Andhikawati. NPM 11120447 “Peningkatan Hasil Belajar Tematik Integratif Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Student Work Sheet Kelas IV SDN I Simo”. Artikel. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. UNIVERSITAS PGRI Semarang. 2015. Penelitian ini dilatar belakangi bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Simo Boyolali belum dapat mencapai ketuntasan secara maksimal dan keaktifan siswa kelas IV SDN 1 Simo Boyolali pada kegiatan pembelajaran belum maksimal. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik integratif melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Student Work Sheet kelas IV SDN 1 Simo Boyolali? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Simo. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam melakukan penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas, bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata yang diperoleh setelah menggunakan model Problem Based Learning berbantuan Student Work Sheet pada siklus I adalah 76,95 sedangkan siklus II adalah 88,86. Persentase ketuntasan belajar klasikal 82,85% sedangkan siklus II adalah 94,28%. Maka, model Problem Based Learning Berbantuan Student Work Sheet dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Simo Boyolali.

Kata kunci: Tematik Integratif, Hasil Belajar, Problem Based Learning, Student Work Sheet


Full Text: 263-273