Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL SEBAGAI ALTENATIF MENINGKATKAN DAYA SIMAK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Fahrurrozi Fahrurrozi

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Kegiatan menyimak merupakan proses aktif dimana indra pendengaran dan pikiran bersatu untuk mencari makna dibalik suara-suara yang didengarkan. Kegiatan pembelajaran akan menjadi efektif apabila anak secara tepat dan efektif juga dalam menyimak. Menyimak bukan kegiatan kemampuan yang alami sejak lahir tetapi menyimak merupakan bagian dari indra pendengaran yang dibawa sejak lahir. Oleh karena itu, indra pendengaran perlu dikembangkan melalui menyimak.  Pada tataran sekolah dasar menyimak merupakan  salah satu keterampilan yang sangat penting karena menyimak dibutuhkan sebagai modal dasar bagi anak untuk menguasai berbagai bidang ilmu pengetahuan. Salah satu car untuk dapat meningkatkan daya simak adalah melalui penggunaan media pembelajaran audio visual. Audio visual merupakan media yang menggabungkan unsur bunyi dan gambar yang tujuannya adalah siswa akan dapat mengaktifkan pendengaran dan penglihatannya untuk menangkap informasi yang disampaikan oleh guru.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audio Visual, Menyimak,  Pembelajaran Bahasa Indonesia


Full Text: 251-256