Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
KEMAMPUAN MENGGAMBAR KARTUN SEDERHANA MENGGUNAKAN TEKNIK SUSUN BENTUK GEOMETRI PADA SISWA KELAS 3 SD GAYAMSARI 1 SEMARANG
Ikha Listyarini, Singgih Adhi Prasetyo

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas dan perbandingan visual gambar kartun sebelum mendapatkan pelatihan dengan teknik susun bentuk geometri dan sesudah menggunakan teknik susun bentuk geometri. Mengenalkan susunan bentuk geometri dalam seni rupa  merupakan langkah atau cara mudah untuk menghasilkan bentuk tertentu. Ketika anak menyusun bentuk-bentuk geometri yang disediakan gurunya, mereka secara tidak langsung akan dilatih imajinasinya untuk membentuk sesuatu dengan memanfaatkan balok-balok berbentuk geometri yang disediakan. Nantinya balok-balok tersebut disusun berbentuk rumah ataupun yang lainnya. Kecenderungan anak SD dalam kegiatan belajar menggambar banyak menemukan kesulitan ketika mencontoh atau membuat gambar. Ketidakmampuan anak untuk mencontoh atau membuat gambar akan memberikan dampak pada anak, misalnya saja mengerjakan tugas menggambar kartun sederhana dengan asal-asalan terkadang bentuk yang dihasilkan selalu monoton, sehingga perlu dilatih menggunakan teknik susun bentuk geometri.

 

Kata kunci: kartun, bentuk geometri

 

ABSTRACT

This paper aims to determine the creativity and visual comparison cartoons before getting training with geometric shapes and stacking technique after using the technique of stacking geometries. Introduce arrangement of geometric shapes in art is a step or an easy way to produce a certain shape. When children construct geometric forms provided teachers, they will indirectly be trained imagination to create something by using beam-shaped beam geometry provided. Later the blocks are arranged in the form of the house or the other. The tendency of elementary school children in learning to draw many find difficulty when copying or making drawings. The inability of the child to imitate or make an image will have an impact on children, such as simple cartoon drawing task with random sometimes resulting shape is always monotonous, so it needs to be trained to use the technique of stacking geometries.

Keywords: cartoon, geometric shapes.

Full Text: 232-240