Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN AFEKTIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 6 SUBTEMA 2 DI SD HJ. ISRIATI BAITURRAHMAN 1 SEMARANG
Aulia Arumsari

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Kurikulum di Indonesia terus melakukan pergantian kurikulum. Salah satu kurikulum yang mendapat kontroversi adalah kurikulum 2013. Pergantian yang terlalu cepat dan sistem penilaian yang lebih detail membuat banyak guru mengeluh. Pengembangan kurikulum 2013 pada dasarnya merupakan langkah lanjutan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang telah dirintis pada tahun 2004 dan KTSP 2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu.  Kurikulum 2013 menggunakan pembelajaran tematik terpadu Pembelajaran tematik terpadu yaitu pembelajaran dengan menggunakan tema yang mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga tidak terdapat batas antar mata pelajaran. Pergantian atau perubahan kurikulum dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kurikulum sebelumnya. Perubahan yang terlihat dari kurikulum 2013 adalah penekanan aspek afektif dan pada penilaian. Kurikulum 2013 menekankan pada aspek afektif, berbeda dengan kurikulum sebelumnya yaitu KTSP yang menekankan pada ranah kognitif. Kurikulum 2013 lebih menekankan aspek afektif karena bertujuan untuk mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat, sehingga peserta didik tidak hanya memiliki kecerdasan intelektual melainkan juga memiliki kecerdasan dalam kepribadiannya. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penilaian afektif sangat diperlukan untuk membentuk karakter siswa.

Kata kunci : analisis, penilaian afektif, pembelajaran tematik

Abstract

 

The curriculum in Indonesia continues to turn the curriculum . One gets the controversy curriculum is the curriculum in 2013. Substitution is too fast and a more detailed assessment system makes many teachers complain . Curriculum development in 2013 was essentially a step further development of competency-based curriculum that has been initiated in 2004 and KTSP 2006, which includes the attitude of competence , knowledge , and skills in an integrated manner . Curriculum 2013 using an integrated thematic learning integrated thematic learning is learning by using a theme which links several subjects so that there are no boundaries between subjects . Substitution or curriculum changes made ​​with the aim to improve the previous curriculum. Changes seen in 2013 is the emphasis of the curriculum and the assessment of affective aspects . The curriculum 2013 emphasizes the affective aspect , in contrast with the previous curriculum that emphasizes KTSP cognitive domain . Curriculum 2013 more emphasis on the affective as it aims to develop and form the character and civilization of dignity , so that students not only have intellectual but also have the intelligence in his personality. Then, it can be concluded that the implementation of affective assessment is needed to form the character of students. Keywords : analysis , assessment of affective , thematic learning

Full Text: 222-232