Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
PENGARUH PEMBELAJARAN PAILKEM TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK INTEGRATIF KELAS IV SD NEGERI KEDUNGBULUS 02 PATI
Danik Reniadi Kuslia, Khusnul Fajriyah

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tematik Integratif. Hasil belajar siswa mencapai 20% di bawah KKM. Kurang sesuainya strategi pembelajaran yang digunakan menjadi salah satu faktor rendahnya hasil belajar Tematik Integratif. Rumusan masalah dalam penelitian adalah apakah terdapat pengaruh pembelajaran PAILKEM terhadap hasil belajar Tematik Integratif siswa kelas IV SD Negeri Kedungbulus 02 Pati?. Purwanto berpendapat bahwa hasil belajar adalah perubahan perilaku yang terjadi setelah mengikuti proses belajar mengajar sesuai dengan tujuan pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data setelah mendapatkan perlakuan menggunakan pembelajaran PAILKEM menunjukkan adanya pengaruh positif terhadap hasil belajar Tematik Integratif. Hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh hasil thitung sebesar 3,581 dan koefisien tersebut signifikan pada taraf 5% dan dk = 40 maka diperoleh ttabel sebesar 1,68 jadi nilai thitung > ttabel. Dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh pembelajaran PAILKEM terhadap hasil belajar Tematik Integratif kelas IV SD SD Negeri Kedungbulus 02 Pati tahun pelajaran 2015/2016. Peningkatan rata-rata hasil belajar dari hasil posttest kelas kontrol sebesar 83,75 dengan hasil posttest kelas eksperimen sebesar 91,95.

 

Kata Kunci : PAILKEM, hasil belajar, tematik integratif


Full Text: 190-202