Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
ANALISIS NILAI KARAKTER LAGU DALAM BUKU SISWA KELAS IV SD/MI KURIKULUM 2013
Sri Suparmiatun, Rahmat Rais

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Banyaknya berita mengenai tindakan kekerasan, pertengkaran, dan penggunaan obat-obatan terlarang, yang dilakukan oleh anak-anak. Berita-berita tersebut menjadi salah satu pemicu kekhawatiran  orang tua dan masyarakat. Permasalahan yang terjadi di kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara, pendidikan karakter dipandang sebagai alternatif  jalan keluar atau solusi. Lagu sebagai salah  satu bentuk karya sastra, bisa digunakan sebagai sarana pendidikan karakter. Permasalahan penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai karakter yang ada dalam lirik lagu pada buku siswa kelas IV SD/MI kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan apa saja nilai-nilai karakter yang ada dalam lirik lagu pada buku siswa kelas IV SD/MI kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh lagu pada buku siswa kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 yang berjumlah 12 judul lagu. Judul lagu tersebut adalah: “Aku Anak Indonesia”, “Yamko Rambe Yamko”, “Syukur”, “Menanam Jagung”, “Ada Sepeda”, “Kulihat Ibu Pertiwi”, “Maju Tak Gentar”, “Hari Merdeka”, “Indonesia Pusaka”, “Gambang Suling”, “Apuse”, dan “Pepaya Mangga Pisang Jambu”. Data dikumpulkan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, nilai karakter yang ada dalam lirik lagu pada buku siswa kelas IV SD/MI kurikulum 2013 meliputi religius, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

 

Kata Kunci: Nilai karakter, Lagu, Buku siswa

 

ABSTRACT

The amount of news about violence, quarrels, and the use of illegal drugs, which is done by children. The news became one of the triggers concerns of parents and the community. Problems that occur in the life of society, nation, and state, character education is seen as an alternative way out or solution. The song as a form of literature, can be used as a means of character education. The problem of this research is what are the values ​​of the characters that exist in the lyrics of the song in the fourth grade student book SD/MI curriculum of 2013. The purpose of this study is to analyze and describe what are the values ​​of the characters that exist in the lyrics of the song in the fourth grade student book SD/MI curriculum of 2013. This research is qualitative. Source of data in this study are all the songs in the book fourth grade students SD/MI curriculum of 2013, which amounted to 12 song titles. The title of the song is: “Aku Anak Indonesia”, “Yamko Rambe Yamko”, “Syukur”, “Menanam Jagung”, “Ada Sepeda”, “Kulihat Ibu Pertiwi”, “Maju Tak Gentar”, “Hari Merdeka”, “Indonesia Pusaka”, “Gambang Suling”, “Apuse”, dan “Pepaya Mangga Pisang Jambu”. The data were collected by interview and documentation. Based on the results of the data analysis, the value of the existing characters in the lyrics of the song in the fourth grade student book SD/MI curriculum of 2013 includes religious, tolerance, discipline, hard work, creative, independent, democratic, curiosity, a sense of pride, love of country, respect achievements, friends/communicative, peace-loving, caring environment, social care, and responsibility.


Full Text: 179-189