Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
IMPLEMENTASI PERMAINAN SCRAMBLE PADA PEMBELAJARAN IPA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE PROBING-PROMPTING DI KELAS V SD NEGERI
Henry Januar Saputra, Dwi Ayu Ratnasari

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA dan guru tidak menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD N Trangkil 05 Pati tahun pelajaran 2014/2015 antara siswa yang belajar dengan model probing-prompting berbantu permainan scramble dan siswa yang belajar dengan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V di SD N Trangkil 05 Pati Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh, yaitu siswa kelas VA dan VB di SD N Trangkil 05 Pati tahun pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, kelas kontrol thitung = 2,014, ttabel = 1,72 dan kelas eksperimen thitung = 6,427, ttabel = 1,72 pada taraf signifikansi 5%, ini berarti bahwa thitung > ttabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa kelas V di SD N Trangkil 05 Pati tahun pelajaran 2014/2015 antara siswa yang belajar dengan model probing-prompting berbantu permainan scramble dan siswa yang belajar dengan model konvensional.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Probing-prompting, Hasil belajar, IPA, Permainan, Scramble.

ABSTRACT

The background of this research by the low of science result study and teacher not use learning models. The purpose of this research is to know the difference of science result study five class students in SD N Trangkil 05 Pati in academic year 2014/2015 among student which study with probing-promting models help by scramble game and student which study with conventional models. Kind of this research is experimental research with Pretest-Posttest Control Group Design. The population of this research is all students in five class of SD N Trangkil 05 Pati in academic year 2014/2015. The method used to collect data is test. Instrument used to collect data is multiple choice. The data was collected would be analyzed by using t-test. According to the result of data analysis, the control group tobserved = 2,014, ttable = 1,72 and the result in the experiment group tobserved = 6,427, ttable =1,72 at the significant level 5%, which means that tobserved>ttable. Finally, it can be concluded that there were significant differences in students’ science learning result using probing-promting models help by scramble game and convensional models in SD N Trangkil 05 Pati in academic year 2014/2015.

Keywords: Learning, Probing-prompting, Learning result, Science, Game, Scramble


Full Text: 169-178