Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
IMPLEMENTASI MEDIA BONEKA TANGAN PADA TEMA PAHLAWANKU KELAS IV SD NEGERI GOTPUTUK BLORA
Rizki Tri Winanti, Riris Setyo Sundari

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Penggunaan metode ceramah oleh guru menyebabkan siswa tidak tertarik pada proses pembelajaran . Dari permasalahan tersebut perlu adanya upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa maka penliti menggunkan menggunakan media boneka tangan.

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian adalah untuk mengetahui implementasi media boneka tangan pada tema cita-citaku kelas IV SD Negeri Gotputuk Blora pada pembelajaran 1 dan 3.

Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif, yang mendeskripsikan implementasi media boneka tangan pada tema cita-citaku kelas IV SD Negeri Gotputuk Blora. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik catat sebagai teknik lanjutannya.

Disimpulkan bahwa implementasi menggunakan media boneka tangan pada tema cita-citaku, pada siswa kelas IV SDN Gotputuk Blora sebanyak 2 kali pembelajaran yaitu pada pembelajaran 1 dan 3. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi boneka tangan pada tema cita-citaku kelas IV SD Negeri Gotputuk Blora.

 

Kata kunci: implementasi, media boneka tangan, sekolah dasar


Full Text: 164-168