Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DI SEKOLAH DASAR
Lanjar Pratiwi

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi siswa dengan guru untuk memperoleh suatu keterampilan, ilmu dan pengetahuan dengan menyediakan lingkungan, memanipulasi sumber-sumber belajar dalam diri siswa agar memperoleh hasil belajar dalam bentuk ingatan jangka panjang melalui pelajaran, pengalaman atau pengajaran. Pembelajaran yang baik terkadang dikaitkan dengan adanya fasilitas yang berada pada sekolah. Sekolah yang memiliki fasilitas yang baik dan memadai pun belum tentu memiliki guru yang kreatif dan inovatif. Guru terkadang memiliki keterbatasan dalam mengolah informasi dan juga mempresentasikan konsep materi terutama pembelajaran yang bersifat abstrak di dalam kelas. Dalam keadaan seperti itu dapat membuat siswa menjadi mudah cepat bosan dalam mengikuti pembelajaran yang mengakibatkan pemahaman konsep siswa rendah. Oleh karena itu, guru harus memiliki sikap kreatif dalam mengembangan media yang lebih modern dalam proses belajar mengajar dan inovatif dalam menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Media yang dapat dikembangkan oleh guru adalah media video. Penerapan media video dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keberhasilan guru dalam menyampaikan materi, memperkuat apresiasi siswa dan memudahkan pengembangan materi terhadap apa yang diajarkan. Dengan adanya apresiasi siswa terhadap pembelajaran yang berlangsung dapat meningkatkan aktivitas siswa. Aktivitas siswa yang timbul dapat mengakibatkan suasana kelas menjadi kondusif, dimana setiap siswa dapat melibatkan kemampuannya semaksimal mungkin, terbentuknya pengetahuan dan keterampilan yang akan mengarah pada peningkatan hasil belajar.

 

Kata kunci: media video pembelajaran, aktivitas, sekolah dasar


Full Text: 150-157