Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN OUTBOUND DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS V SDN JATIROTO 02 PATI
Mohamad Budi Prasetianto, Ervina Eka Subekti

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Rendahnya antusias, aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam tentunya banyak faktor yang mempengaruhinya, baik faktor dari luar maupun dalam diri siswa. Dengan kondisi yang seperti ini perlu dilakukan suatu inovasi pembelajaran, salah satunya adalah dengan model pembelajaran. Untuk itu dalam penelitian ini peneliti ingin mencoba model outbound untuk membantu siswa belajar dengan baik dan mencapai KKM ( ≥ 70 ).

Metode penelitian ini adalah pre-experimental. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design, yaitu hanya menggunakan satu kelas untuk eksperimen tanpa ada kelas kontrolnya. Teknik pengambilan sampel menggunakan  teknik non probability sampling, yaitu teknik sampel jenuh yang menggunakan seluruh populasi sebagai sampel. Analisi instrument yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Teknik analisi data dalam penelitian ini menggunakan uji t untuk menguji hipotesis.

Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan menunjukan bahwa hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam menggunakan model outbound dapat meningkat. Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam yang awalnya memilik rata-rata kelas 63,04 menjadi 76,1. Persentase ketuntasan klasikal awalnya 34,78% menjadi 78,3%, maka ketuntasan belajar meningkat sebesar 43,52%. Hasil analisis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung = 4,43 > ttabel = 2,074, maka ada pengaruh rata-rata hasil belajar IPA yang menggunakan model outbound.

Kata kunci : Penerapan Model Outbound, Hasil Belajar IPA

 

ABSTRACT

 

This research method is pre - experimental . The study design used is a one - group pretest - posttest design , which only use one class to experiment without any control class . The sampling technique using non-probability sampling technique , which is a technique that uses saturated sample the entire population as a sample . Analysis instrument used was a test of validity , reliability , distinguishing features and level of difficulty . Techniques of data analysis in this study using the t test to test the hypothesis .

Based on the analysis of research data after getting treatment showed that the learning outcomes of Natural Sciences using outbound models can be increased . The results of the study Natural Sciences initially having an average grade 63.04 becomes 76.1 . Percentage of classical completeness originally 34.78 % to 78.3 % , the mastery learning increased by 43.52 % . The results of the analysis using the t test values ​​obtained t = 4.43 > table = 2.074 , then there is an average effect of science learning outcomes that use.


Full Text: 126-135