Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
PENERAPAN MODEL COURSE REVIEW HOREY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN TEMA MAKANANKU SEHAT DAN BERGIZI KELAS IV SD NEGERI BAKARAN WETAN 03 JUWANA
Dwi Wulandari

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang monoton dan hasil belajar siswa masih rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah hasil belajar pada aspek kognitif siswa yang menggunakan model Course Review Horey lebih baik dari pada siswa yang menggunakan model Konvensional? (2) Apakah model Course Review Horey dapat menumbuhkan sikap belajar siswa? (3) Apakah model Course Review Horey dapat menumbuhkan sikap unjuk kerja siswa? Tujuan penelitian ini adalah (1) Hasil belajar pada aspek kognitif siswa yang menggunakan model Course Review Horey lebih baik dari pada siswa yang menggunakan Model Konvensional. (2) Model Course Review Horey dapat menumbuhkan sikap belajar siswa. (3) Model Course Review Horey dapat menumbuhkan sikap unjuk kerja siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa thitung -8,685 dengan ttabel = 1,6905 pada taraf signifikasi 0,05 sehingga Ho diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Course Review Horey lebih baik dan menumbuhkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Bakaran Wetan 03 Juwana.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Course Review Horey, Hasil Belajar.

 

ABSTRACK

The background of this research are mononton learning process and students’ result which is still low. The problem on this research are as follows (1) Is the use of model Course Review Horey better than using conventional way related to students’ result on the cognitive aspect? (2) Is the model Course Review Horey can create the students attitude to study? (3) Is the model Course Review Horey can create the students’ attitude to work? The purpose of this research are (1) The use of model Course Review Horey better than using conventional way related to students’ result on the cognitive aspect. (2) The model Course Review Horey can create the students attitude to study. (3) The model Course Review Horey can create the students’ attitude to work  The result of data analysis shows that thitung -8,685 with ttabel = 1,6905 on the significant level 0,05 so that it is accepted. The conclusion of this research is model Course Review Horey implementation is better and can create students’ result of the fourth grade students of SD Negeri Bakaran Wetan 03 Juwana.


Full Text: 111-120