Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
HUBUNGAN ANTARA KETERAMPILAN MEMBACA DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR
RENO WIDAYATI

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Reading skills are taught language skills in school and continuing every level, from elementary school through college. Every aspect of life involves reading. Road signs, using telecommunications devices, the need for the latest information, and there are still many things in everyday life that are not directly require humans to be able to read. Learning to read in elementary school focused on understanding the text. This is because reading skills to make the reader can understand and analyze texts and questions are read. Skills to understand and analyze text and matter affects the skills to answer the questions that affect the value or the results of student learning. So, reading skills affect the learning outcomes.

Keywords: reeading skills, learning outcomes, elementary school

ABSTRAK

Keterampilan membaca merupakan keterampilan berbahasa yang diajarkan dalam setiap jenjang sekolah dan berkelanjutan, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. Setiap aspek kehidupan melibatkan kegiatan membaca. Tanda-tanda jalan, menggunakan alat telekomunikasi, kebutuhan akan informasi terbaru, dan masih banyak hal-hal dalam kehidupan sehari-hari yang secara tidak langsung menuntut manusia untuk dapat membaca. Pembelajaran membaca di sekolah dasar difokuskan pada memahami teks. Hal ini karena keterampilan membaca menjadikan pembaca dapat memahami dan menganalisis teks maupun soal yang dibaca. Keterampilan memahami dan menganalisis teks maupun soal sangat berpengaruh terhadap keterampilan menjawab soal sehingga berpengaruh pada nilai atau hasil belajar siswa. Jadi, keterampilan membaca berpengaruh terhadap hasil belajar.

 

Kata Kunci: keterampilan membaca, hasil belajar, sekolah dasar


Full Text: 92-97