Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
ANALISIS KEMAMPUAN PENGGUNAAN EJAAN DALAM KARANGAN SISWA KELAS V SDN MOJOMULYO PATI
Putri Mayang Budiarti, Ferina Agustini

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Penelitian  ini  dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menulis karangan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Siswa kurang memahami bagaimana penggunaan ejaan yang baik dan benar menurut EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dalam menulis. Penelitian ini mengungkap masalah mengenai bagaimana kemampuan penggunaan ejaan yang meliputi kemampuan mengarang, penggunaan huruf kapital, penulisan kata dan penggunaan tanda baca yang ditulis di dalam karangan siswa. Metode dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah semua karangan siswa-siswi kelas V SDN Mojomulyo Pati yang berjumlah 36 orang. Teknik penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Berdasarkan hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penggunaan ejaan dalam karangan siswa yang meliputi kemampuan penggunaan huruf kapital termasuk kriteria cukup dengan tingkat persentase kesalahan mencapai 55%, kemampuan penulisan kata termasuk kriteria sangat baik dengan tingkat persentase kesalahan hanya 8%, sedangkan kemampuan penggunaan tanda baca termasuk kriteria baik dengan tingkat persentase kesalahan mencapai 28%.

Kata kunci: Ejaan, kemampuan, menulis, karangan, siswa.

ABSTRACT

This research is motivated by the low ability students in writing on subject Indonesian. Students do not understand how to use good spelling and correct according to EYD (Spelling Enhanced). These studies reveal the problem of how to use that includes the ability to fabricate spelling, capitalization, spelling, and punctuation are written in a student essay. Methods and research approaches used this research in descriptive qualitative research methods. Population and sample in this study were all written by students in 5 grade SDN Mojomulyo Pati totalling 36 people. This research technique using sampling techniques saturated. Based on the analysis of this study indicate that the use of spelling ability to use capital letters including enough criteria with error percentage rate reaches 55%, spelling abilities including criteria very well with the percentage error rate is only 8%, while the ability criteria with error percentage rate reaches 28%.

Key word: spelling, ability, writing, essay, student.


Full Text: 78-83