Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2015

Font Size: 
MENGOPTIMALKAN RASA INGIN TAHU SISWA SD UNTUK MEMAKSIMALKAN HASIL BELAJAR MEREKA
Bayu Budi Hartanto, Joko Sulianto

Last modified: 2015-03-31

Abstract


Usia anak sekolah dasar merupakan usia di mana mereka mempunyai rasa ingin tahu yang besar terhadap segala sesuatu, baik itu yang ada pada diri mereka maupun yang berasal dari luar diri mereka. Rasa ingin tahu dari siswa yang besar ini dapat dimanfaatkan untuk membantu siswa mengembangkan bakat dan minat yang ada pada diri siswa. Dalam proses pembelajaran di sekolah dasar, rasa ingin tahu siswa yang besar ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dengan cara mengemas proses pembelajaran ke dalam model pembelajaran yang dapat menampung rasa ingin tahu siswa, serta mengemas materi pembelajaran ke dalam media pembelajaran yang dapat mengarahkan rasa ingin tahu siswa ke arah yang sesuai dengan tujuan dari proses pembelajaran itu sendiri. Dengan cara demikian diharapkan hasil belajar siswa akan maksimal.

Kata Kunci: rasa ingin tahu, model, media, hasil belajar

 

ABSTRAC

 

The age of elementary school children is the age at which they had great curiosity towards everything, be it on themselves as well as those coming from outside themselves. The curiosity of the students of this great can be utilized to help students develop their talent and interest in students. In the process of learning in elementary school student's curiosity is great this will be very beneficial for improving student learning outcomes, by way of packing the learning process into a learning model that can accommodate the curiosity of students, as well as the package of learning materials into the learning media can direct students ' curiosity in the direction which corresponds to the objectives of the learning process itself. In this way students will study results expected maximum.


Full Text: 59-67