Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2016

Font Size: 
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS PADA KEMAMPUAN KOMUNIKATIF SISWA DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN KEWIRAUSAHAAN
Desi Aryani, Joko Sulianto, Ari Widyaningrum

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecakapan kewirausahaan melalui penerapan model time token arends pada kemampuan komunikatif siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen, yang digunakan untuk mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu. Berdasarkan hasil temuan penelitian yang telah dilakukan di SD Negeri Pidodo didapatkan data bahwa pada kemampuan komunikatif siswa dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi sistem peredaran darah setelah mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model time token arends diperoleh thitung = 27,889 > ttabel = 2,042. Maka H0 diterima yang  berarti karakter komunikatif siswa mencapai nilai dengan kriteria baik  ≥ 61.  Nilai rata-rata karakter komunikatif siswa yaitu mencapai 83 dengan kriteria sangat baik. Kemampuan komunikatif yang sangat baik inilah yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan kecakapan kewirausahaan siswa. Kecakapan kewirausahaan sangat penting ditanamkan dan dikembangkan dalam diri siswa, mengingat di era globalisasi saat ini sangat diperlukan adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bersaing. Karakter seperti ini tidak muncul serta merta, tetapi harus dibina secara dini. Salah satu upaya dalam meningkatkan kecakapan kewirausahaan siswa adalah dengan menciptakan pembelajaran yang inovatif, kreatif, dan mampu mengembangkan kemampuan komunikatif itu sendiri, yaitu melalui penggunaan model pembelajaran yang interaktif dan juga menarik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan kemampuan komunikatif yang baik dapat meningkatkan kecakapan siswa dalam berwirausaha.

 

Kata kunci: pembelajaran time token arends, kemampuan komunikatif, kecakapan kewirausahaan

 

Abstract

The purpose of this research is to improve the entrepreneurial skills through the application of the model time token Arends on communicative abilities of students . This research uses experimental research , which is used to find the effect of treatment ( treatment ) specific. Based on the findings of research that has been done in SD Negeri Pidodo obtained the data that the communicative abilities of students in the subjects of Natural Sciences ( IPA ) material circulatory system after getting treatment using the model time token Arends obtained t = 27.889 > table = 2.042 . Then H0 accepted, which means students achieve their communicative character with good criterion value ≥ 61. The average value of students' communicative character , reaching 83 by the criteria very well . Excellent communicative abilities is what might be expected to enhance the entrepreneurial skills of students. Entrepreneurial skills are very important implanted and developed in students , considering the current era of globalization is very necessary to the Human Resources  is able to compete . Characters like these do not appear immediately , but must be nurtured early. One effort to improve the entrepreneurial skills of students is to create learning that is innovative, creative , and able to develop communicative abilities itself , namely through the use of interactive learning models and also interesting . It concluded that the communicative abilities that can improve student skills in entrepreneurship. Keywords:model time token Arends, communicative abilities of students, entrepreneurial skills

Full Text: PDF