Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2016

Font Size: 
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK KURIKULUM 2013 BERBASIS CAI BAGI SISWA SEBAGAI ALTERNATIF SKILL ENTREPRENEURSHIP GURU SEKOLAH DASAR
Mudzanatun Mudzanatun, Fillia Artharina

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

Guru memiliki empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian dan kompetensi profesional. Jiwa interprenership guru perlu dikembangkan untuk menunjang kompetensi pedagogik. Agar guru berkembang dan kreatif.   Karakteristik perkembangan awal anak sekolah dasar sudah sampai pada keinginan untuk mandiri dan berbagi, mampu mengelompokkan objek, mampu berbicara dan memahami sebab akibat. Maka pembelajaran dapat dilaksanakan di dalam kelas maupun di luar kelas. Pembelajaran dilaksanakan secara konkrit, integrited dan herarki. Hal ini sejalan dengan pengembangan Kurikulum 2013 yang mengacu pada pp 32 th 2013.

Permasalahan yang muncul dalam observasi awal pada beberapa pelatihan PLPG di Rayon 139 sejak tahun 210-2014, dapat disimpulkan guru SD belum memiliki skill interprenership. Maka pada kesempatan ini peneliti ingin mengajak teman-teman seprofesi Guru SD untuk mengembangkan skill interprenership. Keterampilan kewirausahaan ini akan mendorong guru agar kreatif dan selalu berinovatif.

Tujuan penelitian memotivasi /memberi alternatif kepada guru Sekolah Dasar untuk berkarya. Berkarya merupakan bagian dari jiwa berwira usaha. Gurubisa mengadakan penelitian pengembangan, eksperimen model danpenemuan.

Metode penelitian ini pengembangan. Karya yang dihasilkan yaitu mengadakan pengembangan bahan ajar yang berbasis komputer bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini berlangsung dua tahun. Tahun pertama pengembangan ini di awali dengan penelitian, pengembangan bahan ajar dan media. Selanjutnya tahun kedua uji coba ahli isi dan media. Kegiatan penelitian ini skim pekerti (Kerjasama perguruan tinggi)yaitu UPGRI dengan UNNES.

Hasil karya penelitian tahun pertama yaitu pengembangan bahan ajar cetak BAC dan CAI (computer Asisited intructur) kelas v sebagai pendukung kompetensi berimbang. Perangkat yang dilengkapi dengan penilaian autentik dan pendidikan karakter.

 

Kata Kunci:skiil enterprenuership, penelitian pengembangan, CAI

 

Abstract

Teachers have four competence namely pedagogical, social, personality and profetional competence. teachers interprenership need to developed to support pedagogical competence in order to improve teachersand make them to be creative. Early development characteristic of children primary school are already on desire to be independent and share, capable to classify object, able to speak and understand reason-effect. So learning can be implemented in the classroom and outside. Learning be held in concrete, integrited and herarki.This is in line with curriculum development 2013 referring to pp 32 th 2013.

The problems that emerged in preliminary observations on some PLPG training in rayon 139 since the 2010-2014 can be concluded that primary school teachers do not have enterprenership skill. So on this opportunity researchers wanted to take primary school teachers to develop their enterprenership skill. Entrepreneurship Skill will enable teachers to be creative and inovative.

Research objectives motivate or  give alternative for teachers the elementary school to work . Work is part of the enterprenership .Teachers may arrange development research, experiment model and invention.

Research method of this study was development method. Work produced namely hold development of computer-based teaching materials to primary school students. This research lasted two years .The first year, It was  started by arrange the research and  development of teaching materials and media. The second year , trial of  content and media. This research activity is skim pekerti ( collaboration college the upgri with unnes).

Result of the first year of this research was  development of printed learning material (PLM)  and CAI ( computer asisited intructur ) grade 5 as a supporter of competence balanced. A device equipped with the autentic assessment  and character education .

Keywords: skiil entreprenuership , research development , cai


Full Text: PDF