Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2016

Font Size: 
PENERAPAN MEDIA PAUCAN (PAPAN PENGUBAH PECAHAN BIASA KE BENTUK DESIMAL) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Titin Listianingrum, Dwi Prasetiyawati, Fajar Cahyadi

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah matematika memiliki peringkat pertama mata pelajaran yang dianggap sulit bagi siswa. Padahal matematika merupakan salah satu materi yang diujikan dalam ujian nasional pada setiap jenjang pendidikan mulai dari SD sampai SMA. Materi yang diajarkan juga saling berkaitan dan selalu dikembangkan lebih luas disetiap jenjang pendidikan. Maka sangat dibutuhkan penanaman konsep yang matang pada siswa. Namun kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran ini membuat mereka sulit memahami materi konsep-konsep dalam matematika. Di sekolah dasar ada beberapa materi yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Salah satu materi yang di anggap sulit adalah materi pecahan, khususnya pada materi dari mengubah pecahan biasa kebentuk pecahan desimal. Siswa kurang mampu memahami konsep atau langkah-langkah mengerjakanya, misalnya dari mengubah pecahan biasa kebentuk desimal. Kurangnya penanaman konsep pada materi pecahan, sehingga siswa sulit untuk mengerjakan materi tersebut dan anak cenderung malas untuk mengikuti pelajaran matematika. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (R&D)

 

Kata Kunci : siswa, konsep,media pembelajaran

 

Abstract

The background of this research is matematical subject has ranked considered difficult for students. Where as matematics is one of the national examination at every level of of education from elementary to SMA. Material it teachesalso interelated dab always developed more widely at every level of education. It is necessary plantings nature concept in students. Showever  the lack of  students in the subject has made them hard to understand the material concept in matematics. At scholl there is some materials considered difficult is a matter of  fractio, especially on the material change cammon fraction into a decimal. Students are less able to undesrtand. The concet or step changing the common fraction into a decimal. Lack pf planting matetial in fractions., so students are difficult to work, the material, and children lazy to follow the match.these studies include the type of research development (R&D).

Keywords : students, concept, learning media


Full Text: PDF