Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2016

Font Size: 
PENGEMBANGAN E-COMIC INTEGRATIF TEMATIK TERPADU DI KELAS IV SEKOLAH DASAR SEBAGAI ALTERNATIF BENTUK WIRAUSAHA BAGI GURU
Taufik Hidayat

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak

Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh nasib guru yang memprihatinkan khusunya guru honorer. Banyak guru honorer yang mendapatkan upah rendah sehingga tidak mencukupi biaya kehidupannya. Diperlukan inovasi bagi guru dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya, salah satunya yaitu dengan berwirausaha. Pengguna internet yang mencapai 88,1 juta pengguna atau meningkat 34,9% dari tahun sebelumnya. Peningkatan tersebut sejatinya dapat menjadi potensi yang dapat diguanakan guru sebagai wadah wirausahanya. Yaitu dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis teknologi.Lebih lanjut, belum terdapat banyak media berbasis internet dalam proses pembelajaran di sekolah khususnya sekolah dasar. Hal tersebut dapat menjadi peluang besar bagi guru. Oleh sebab itu diperlukan pengembangan media pembelajaran berlandasakan oleh potensi perkembangan teknologi, sehingga dibuatlah media E-Comic Integratif.

Penelitian ini berusaha untuk mengetahui bagaimanakah pengembangan media E-Comic Integratif dalam pembelajaran tematik terpadu Kelas IV di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D), dengan prosedur pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).

Hasil validasi ahli media dari validasi 1 dan 2 didapat hasil rata-rata persentase keidealan yaitu 63,33%, dan 90,83%. Penilaian oleh ahli materi dari validasi 1 dan 2 didapat hasil rata-rata persentase keidealan yaitu 77,92% dan 96,67%. Sementara dari hasil validasi dengan ahli media dari guru didapat hasil rata-rata persentase keidealan sebanyak 83,33% dan hasil validasi dengan ahli materi dari guru didapat hasil rata-rata persentase keidealan sebanyak 93,75%, sementara hasil uji coba dilakukan kepada kelompok kecil 4 dan 8 siswa serta seluruh siswa kelas IV SD N Sendangmulyo 03 Semarang, dengan hasil berurutan yaitu 88,54%, 93,23%, dan 92,20%. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu E-Comic Integratif layak digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar dan dapat dipasarkan dan menjadi salah satu alternatif bentuk wirausaha guru

 

Kata KunciE-Comic Integratif, Komik, Tematik Terpadu.

 

Abstrak

This research and development are motivated by poor's teacher condition especially arehonorary teachers. manyhonorary teacher have been earning low wages so that is not enaugh for their life. Teacher need inovation for their welfare, one of which is entrepreneurship. user internet has increased reached 88,1 million or 34,9% increased from previous year. The increase in values could also potentially be used by teachers as an entrepreneurial container. By developing a media-based learning tegnologi.Further, There has no been many learning media based by in the learning proses in the school, especially primary schools. That is can be a big opportunity for teacher. Therefore is needed learning media developing which basic by potencialtechnologidevelopment. So needed E-Comic Integratif Media.

This research try to know how E-Comic Integratif development in an integrated thematic learning Class IV Elementary School. This study uses a research methodology Research and Development (R & D), with model development procedure ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).

Media expert validation results of the validation 1 and 2 gained an average yield of 63.33% is the percentage of ideals, and 90.83%. Rating by subject matter experts from validation 1 and 2 gained an average yield of 77.92% is the percentage of ideals and 96.67%. While the results of the validation by media experts from teachers obtained an average yield percentage ideals as much as 83.33% and the validation results by subject matter experts from the teacher got the result the average percentage of ideals as much as 93.75%, while the results of experiments carried out to small groups 4 and 8 students, and all students in fourth grade N Sendangmulyo 03 Semarang, the sequential results are 88.54%, 93.23% and 92.20%. The conclusion of this analysis, E-Comic Integrative fit for use as a medium of learning for students of classes IV Elementary School and it can be sold and become one of the alternative forms of entrepreneurship teachers.

.

Keywords:E-Comic Integrative, Comic, Integrated Thematic.


Full Text: PDF