Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL PGSD 2016

Font Size: 
MEMBANGUN SKILL ENTREPRENEURSHIP GURU MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS VIDEO PEMBELAJARAN BERBANTU CAMTASIA
Ari astuti, Djoko Purnomo, Mudzanatun Mudzanatun

Last modified: 2016-10-06

Abstract


Abstrak
Di era globalisasi ini, melalui Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) maka Indonesia memiliki peluang untuk menstabilkan pertumbuhan ekonomi dalam negeri dan memperluas cakupan perekonomian Indonesia, perlu mempersiapkan dalam menghadapi persaingan di MEA. Untuk bersaing dalam MEA, masyarakat Indonesia khususnya guru perlu menggali potensi yang ada sehingga dapat membantu peningkatan perekonomian negara dari segi pendidikan. Salah satu usaha yang dapat dilakukan yaitu dengan mengembangkan media berbasis video pembelajaran berbantu camtasia. Permasalahannya adalah “Bagaimana cara mengembangkan media berbasis video pembelajaran berbantu camtasia dalam membangun skillentrepreneurship guru?”. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengembangan media berbasis video pembelajaran berbantu camtasia dalam membangun jiwa entrepreneurship guru.Berdasarkan hasil penelitian penulis menunjukkan hasil thitung = 2,36 dengan taraf signifikansi 5% , kemudian dibandingkan dengan ttabel = 1,70 (thitung>ttabel)maka H0ditolak dan Ha diterima.Kesimpulannya adalah media video pembelajaran berbantu camtasia efektif terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan Media Video Pembelajaran berbantu Camtasia efektif terhadap hasil belajar, maka hasil pengembangannya dapat diperbanyak dan dikembangkan lagi. Hal ini diharapkan dapat menjadi sumbangan media pembelajaran bagi bidang pendidikan dan dapat membangun skill entrepreneurship guru karena dapat melatih guru untuk ikut serta menjadi wirausaha dalam kegiatan bidang pendidikan. Dengan melakukan wirausaha dibidang pendidikan diharapkan guru dapat ikut berpartisipasi dalam usaha penumbuhan perekonomian di Indonesia.
Kata Kunci : kewirausahaan, media pembelajaran, video, camtasia
Abstract
In this globalization era, through the Asean Economic Community (AEC) then Indonesia has the opportunity to stabilize domestic economic growth and broaden the scope of the Indonesian economy, it is necessary to prepare in the face of competition in the MEA. To compete in the MEA, the Indonesian people, especially teachers need to explore the potential that exists that can help improve the economy of the country in terms of education. One attempt to do that is by developing a video-based media-assisted learning camtasia. The problem is "How can I develop a video-based media-assisted learning camtasia in building entrepreneurship skills of teachers?". The goal is to determine the development of video-based media-assisted learning in building the spirit entrepeneurship camtasia teachers. Based on the results of the study authors indicate the results of thitung = 2.36 with a significance level of 5%, then
20
compared to the table = 1.70 (thitung> ttable) then H0 rejected and Ha accepted. The conclusion was that media-assisted instructional video camtasia effective on learning outcomes. Based on the results of studies showing an assisted Learning Media Video Camtasia effective the learning outcomes, the results of development can be propagated and expanded again. This is expected to be a contribution medium of learning for education and can build entrepreneurship skills of teachers because teachers can train to become entrepreneurs participate in activities in the field of education. By doing entrepreneurship in education is expected teachers can participate in the economic growth efforts in Indonesia.
Keywords : entrepreneurship, learning media, video, camtasia

Full Text: PDF