Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENGOPTIMALISASI KURIKULUM 2013

Font Size: 
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN PECAHAN MELALUI PENERAPAN QUANTUM TEACHING DI SD PURO PAKUALAMAN II YOGYAKARTA
Khusnul Fajriyah, Agus Wiyanto

Last modified: 2014-04-21

Abstract


Penelitian ini berawal dari kondisi nyata tentang pembelajaran matematika yang belum berjalan maksimal. Pembelajaran yang belum memposisikan siswa sebagai subjek belajar mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep penjumlahan pecahan.  Quantum teaching dipilih sebagai salah model pembelajaran yang mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep penjumlahan pecahan.

Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD N Puropakualman 2 Yogyakarta. Data, yang telah terkumpul melalui observasi, tes, dan wawancara, dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan penelitian ini memerlukan waktu selama kurang lebih satu bulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan quantum teaching di dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep penjumlahan pecahan. Hal tersebut itu ditunjukkan oleh nilai rata-rata kelas yang pada tahap awal sebesar 2,3, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 3,1, dan pada siklus 2 menjadi 7,7. Selain itu, penerapan quantum teaching juga dapat mengaktifkan siswa baik fisik maupun mental.

 

Kata kunci : Quantum teaching, pemahaman konsep penjumlahan pecahan


Full Text: PDF