Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM MENGOPTIMALISASI KURIKULUM 2013

Font Size: 
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PEMERINTAHAN TINGKAT PUSAT PADA SISWA KELAS IV
Intan Rahmawati

Last modified: 2014-04-21

Abstract


Permasalahan yang diungkap yaitu (1) apakah siswa dapat mencapai ketuntasan belajar dengan menggunakan pembelajaran Think-Pair-Share?, (2) apakah kemampuan kerjasama siswa mampu mencapai kategori baik pada pembelajaran Think-Pair-Share?, (3) apakah ada perbedaan hasil belajar pembelajaran Think-Pair-Share dengan pembelajaran ekspositori pada materi sistem pemerintahan pusat kelas IV SD Negeri 05 Bojongbata Pemalang tahun pelajaran 2012/2013?

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran Think-Pair-Share pada materi sistem pemerintahan tingkat pusat kelas IV SD Negeri 05 Bojongbata dilihat dari: ketuntasan belajar, kemampuan kerjasama siswa, dan ada atau tidak perbedaan hasil belajar pembelajaran Think-Pair-Share dengan pembelajaran ekspositori pada materi sistem pemerintahan tingkat pusat kelas IV SD Negeri 05 Bojongbata.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelilitian ini menggunakan True Experimental Design (eksperimen yang betul-betul) yang berbentuk Posttest-Only Control Design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini antara lain: metode wawancara, dokumentasi, tes, dan observasi atau pengamatan. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 82,061 dan rata-rata hasil belajar siswa kelompok kontrol sebesar 76,667. Pada ketuntasan klasikal, untuk kelas eksperimen didapatkan ketuntasan klasikal sebesar t = 5,564 dan kelas kontrol didapatkan ketuntasan klasikal sebesar t = 1,055. Melalui pembelajaran Think-Pair-Share, kemampuan kerjasama siswa kelompok eksperimen mencapai kategori baik dengan perolehan nilai klasikal 71. Dari hasil analisis hipotesis diperoleh  thitung = 2,631 > ttabel = 1,9979 sehingga H0 ditolak  dan terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapat pembelajaran Think-Pair-Share dan pembelajaran ekspositori.

Pembelajaran  Think-Pair-Share lebih efektif dari pada pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan kerjasama dan hasil belajar materi sistem pemerintahan pusat pada siswa kelas IV SD Negeri 05 Bojongbata Pemalang tahun pelajaran 2012/2013. Saran peneliti, guru hendaknya dapat menerapkan model pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa serta interaksi antara siswa satu dengan siswa yang lain serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Think-Pair-Share, Kemampuan Kerjasama, dan Hasil Belajar


Full Text: PDF