Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BAHASA, SASTRA DAERAH, DAN PEMBELAJARANNYA 2018

Font Size: 
Teks dan atau Naskah Sastra Daerah (Jawa) sebagai Sumber PengajaranKesiapan Guru Bahasa Jawa dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di SMP Kabupaten Tegal
Ucik Fuadhiyah, Mulyatiningsih Mulyatiningsih

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kesiapan guru bahasa Jawa SMP se-Kabupaten Tegal dalam memahami pendekatan saintifik, menerapkan TIK sebagai media pembelajaran dan mengimplementasikan penilaian otentik berdasarkan Kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan guru bahasa Jawa SMP se-Kabupaten Tegal memahami pendekatan saintifik melalui pelatihan yang diikuti, kegiatan penunjang yang dilakukan, serta menerapkan pendekatan saintifik dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Guru bahasa Jawa menerapkan TIK melalui aplikasi/program yang sering digunakan dan memanfaatkan TIK sebagi sumber belajar melalui web seperti blogspot dan wordpress. Guru bahasa Jawa mengimplementasikan penilaian otentik yaitu dengan mengembangkan bentuk instrumen penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Sehingga, kesiapan guru bahasa Jawa SMP se-Kabupaten Tegal diketahui siap dalam menerapkan Kurikulum 2013 baik dalam memahami pendekatan saintifik, menerapkan TIK dan mengimplementasikan penilaian otentik.

Kata kunci : Bahasa Jawa, Kesiapan guru, dan Kurikulum 2013


Full Text: PDF