Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BAHASA, SASTRA DAERAH, DAN PEMBELAJARANNYA 2018

Font Size: 
Outdoor Learning Tingkatkan Hasil Belajar Menulis Tembang Macapat Pupuh Gambuh Pada Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Boja Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017
Senirah Senirah

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar menulis tembang macapat pupuh Gambuh melaui metode outdoor learning bagi siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Boja semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas XI MIPA 1 sejumlah 34 siswa yaitu 11 laki-laki dan 23 siswa perempuan. Banyaknya tindakan dalam metode penelitian tindakan kelas ini sebanyak dua kali dalam dua siklus, pada siklus I dan siklus II. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan tindakan yaitu membuat perencanaan, tindakan, mengamati, dan melakukan refleksi terhadap hasil tindakan. Analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskripsi komparatif yang dilanjutkan refleksi. Sebelum dilakukan analisis data diawali dengan melakukan validasi data dengan cara melibatkan teman sejawat sebagai observer dan membuat kisi-kisi. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Sedangkan alat pengumpulan data menggunakan dokumen catatan jurnal guru, lembar observasi dan butir soal tes.Hasil penghitungan hasil belajar pada tes evaluasi menulis tembang pupuh Gambuh melalui metode outdoor learning siklus I dan siklus II akan dibandingkan untuk menentukan prosentase penngkatan nilai hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan hasil belajar menulis tembang macapat pupuh Gambuh melalui metode oudoor learning bagi siswa kelas XI MIPA 1 SMA N 1 Boja semester genap tahun pelajaran 2016/ 2017. Terbukti dari rerata hasil belajar kondisi awal 78,97 hasl belajar siklus I rerata menjadi 81 pada siklus II rerata naik menjadi 84,06. Jika dibandingkan rerata dari kondisi awal ke siklus II sampai dengan siklus II mengalami kenaikan sebesar 6%.

Kata Kunci: Hasil belajar. Outdoor learning. Menulis

 

Abstract

His study aims to improve learning outcomes to write tembang macapat pupuh Gambuh through outdoor learning methods for students of class XI MIPA 1 SMA Negeri 1 Boja even semester academic year 2016/2017. The subjects of this study are all students of class XI MIPA 1 a number of 34 students that is 11 men and 23 female students. The number of actions in this classroom action research method is twice in two cycles, in cycle I and cycle II. Each cycle consists of four stages of action that is planning, action, observing, and reflecting on the outcome of the action. Analysis of this research data using comparative description technique followed by reflection. Before the data analysis begins with data validation by involving colleagues as observers and create a grid. Data collection using documentation, observation and tests. While the data collection tool using document journal journal records, observation sheets and test items.Results of calculating the results of learning on the evaluation test writing songpap Gambuh through the method of outdoor learning cycle I and cycle II will be compared to determine the percentage penngkatan value of student learning outcomes. The results of this study indicate an increase in the results of learning to write tembang macapat pupuh Gambuh through the method of oudoor learning for students of class XI MIPA 1 SMA N 1 Boja even semester academic year 2016 / 2017. Proven from the average learning outcomes early conditions 78.97 learning hasl cycle I average 81 in the second cycle of the average rose to 84.06. When compared to the average from the beginning to the second cycle until the second cycle has increased by 6%.

Keywords: Learning outcomes. Outdoor learning method. Write


Full Text: PDF