Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BAHASA, SASTRA DAERAH, DAN PEMBELAJARANNYA 2018

Font Size: 
Implementasi Lesson Study dalam Mata Kuliah Teori Menulis di Departemen Pendidikan Bahasa Daerah UPI
Hernawan Hernawan, Temmy Widyastuti

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Dunia pendidikan saat ini diwarnai berbagai pengembangan inovasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, tapi di samping pengembangan tersebut beberapa pengajar masih ulet dengan metode ajar yang monoton, dari hal ini tentunya akan menghasilkan kualitas pemelajaran yang kurang baik, padahal untuk saat ini tugas seorang pengajar tidaklah mudah, mulai dari perencanaan hingga evaluasi harus dipersiapkan dengan matang. Dari hal tersebut penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan lesson study dalam mata kuliah teori menulis, tujuannya agar mahasiswa dapat memahami pemelajaran dengan baik, tentunya dengan perencanaan pemelajaran yang matang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan tehnik pengumpulan data berupa observasi (daftar check list), studi dokumentasi dan tes tulis. Hasil dari penelitian ini meliputi, pelaksanaan pemelajaran (open lesson) yang dibagi ke dalam tiga siklus, dalam setiap siklusnya dilaksanakan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see), penyusunan lesson plan bersama-sama; pembelajaran dan pengamatan di dalam kelas; dan refleksi (Yoshida dan Fernandez, 2004) sedangkan tema yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah menulis genre prosedur. Upaya untuk meningkatkan kualitas pemelajaran berhasil dilaksanakan dengan penerapan lesson study ini, dosen mengajar dengan perencanaan yang matang yang tertuang dalam lesson plan, dilanjutkan dengan mengajar yang sesuai dengan rancangan pemelajarannya, ditambah dengan refleksi yang dilaksanakan di setiap akhir pertemuan pemelajaran, dengan terlaksananya proses pemelajaran sebanyak tiga siklus, materi yang diajarkan menjadi lebih dapat dipahami oleh mahasiswa, dan dosen pun banyak menerima masukan selama proses pemelajaran berlangsung.

Kata Kunci: Lesson study, teori menulis, menulis prosedur.

 

 


Full Text: PDF