Seminar Universitas PGRI Semarang, SEMINAR NASIONAL BAHASA, SASTRA DAERAH, DAN PEMBELAJARANNYA 2018

Font Size: 
Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Suruh)
Diah Retnaningtyas Utami, Andayani Andayani, Sumarwati Sumarwati

Last modified: 2018-03-12

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan manfaat dan pentingnya dilakukan pembelajaran Bahasa Jawa berbasis kearifan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan merupakan penelitian studi kasus. Lokasi penelitian berada di SMP Negeri 2 Suruh Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang. Data penelitian berupa dokumen-dokumen. Sumber data penelitian ini berupa dari informan dan dokumen yang berkaitan dengan pembelajaran Bahasa Jawa pada umumnya serta yang berkaitan pada kearifan lokal pada khususnya. Sumber data berupa data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara dari beberapa informan yaitu guru, siswa, dan pihak lain yang dapat memberikan informasi yang berkenaan dengan penelitian ini. Data sekunder berupa artikel, jurnal, dan karya ilmiah. Teknik pengumpulan data dengan purposive sampling yang mana dengan menggunakan teknik ini diharapkan dapat menyeleksi data sesuai dengan yang dibutuhkan dalam penelitian. Validitas data menggunakan trianggulasi metode, trianggulasi sumber data, dan review informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal sangat penting untuk diajarkan terutama dalam pembelajaran bahasa Jawa yaitu dapat digunakan sebagai upaya melestarikan kearifan lokal yang ada, menambah pengetahuan tentang kearifan lokal setempat, dan sebagai bentuk inovasi pembelajaran bahasa Jawa, serta meningkatkan integrasi antara kearifan lokal dengan pembelajaran bahasa Jawa sehingga pembelajaran Bahasa Jawa lebih menuju ke pembelajaran berbasis lingkungan sekitar dan lebih kontekstual.

Kata kunci : pembelajaran, bahasa Jawa, kearifan lokal.


Full Text: PDF