Seminar Universitas PGRI Semarang, mbs_2013

Font Size: 
MODEL PAIKEM GEMBROT MELALUI MBS DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERINTEGRATIF DI SEKOLAH DASAR
Agus wiyanto, Henry Januar Saputra

Last modified: 2014-05-06

Abstract


Belajar harus merupakan proses perubahan tingkah laku akibat interaksi dengan lingkungan. Siswa harus membangun pengetahuan di dalam dirinya sendiri. Guru dapat membantu proses ini dengan cara mengajar yang membuat informasi menjadi sangat bermakna dan sangat relevan bagi diri siswa, dengan memberikan ide-ide, gagasan dan dengan mengajak siswa supaya siswa menyadari dan menggunakan sendiri ide-idenya dalam belajar. PAIKEM GEMBROT (Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif Menyenangkan dan Berbobot) adalah sebuah program/ model pembelajaran terpadu yang bertujuan meningkatkan mutu dan efisiensi pengelolaan pendidikan dengan mengembangkan praktik-praktik yang sudah ada. Melalui PAIKEM GEMBROT siswa diharapkan benar-benar akan merasakan makna dari belajar sehingga akan ada perubahan tingkah laku yang mereka dapat melalui proses pembelajaran yang ada. Pembelajaran melalui Paikem Gembrot dapat di kaitkan dengan mata pelajaran satu dengan yang lain melalui tematik integrative.

Kata Kunci: Model Paikem Gembrot, MBS, Tematik Terintegratif Di Sekolah Dasar


Full Text: PDF