Seminar Universitas PGRI Semarang, mbs_2013

Font Size: 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SD
Intan Rahmawati, Nindyo Aribowo

Last modified: 2014-05-06

Abstract


Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V SD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis perhitungan uji t dari data nilai posttest pada kelompok ekperimen dan kelompok kontrol setelah perlakuan pada proses pembelajaran diperoleh nilai thitung= 3,098 dan untuk α= 0,05 peluang 0,95 dengan dk= 38 diperoleh ttabel = 1,700. Karena nilai thitung > ttabel yaitu 3,098>1,700 maka H0 ditolak. Setelah melakukan analisis hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat peranan dan pengaruh signifikan, sehingga hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang diberi perlakuan metode pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation lebih baik daripada siswa yang tidak diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation.

 

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation, Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan


Full Text: PDF