Seminar Universitas PGRI Semarang, mbs_2013

Font Size: 
PAKEM DI PERGURUAN TINGGI: UPAYA PENGELOLAAN KELAS DAN OPTIMALISASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS CALON GURU
Iin Purnamasari

Last modified: 2014-05-06

Abstract


Proses pembelajaran PAKEM sangat menentukan peningkatan mutu pendidikan. Belajar nilai-nilai diukur dan keterampilan khusus melalui proses pembelajaran. Melalui sistem pembelajaran ini dianggap tidak lagi mampu mendukung tercapainya tujuan pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, upaya untuk berinovasi di bidang pembelajaran selalu diperluas. Di Sekolah Dasar, juga diperlukan pendekatan pembelajaran yang dianggap relevan dengan tuntutan zaman. Pembelajaran model PAKEM dapat mengakomodasi tuntutan perkembangan semua aspek anak, baik di dalam kognitif, afektif dan psikomotorik. PAKEM adalah model pembelajaran dilaksanakan dengan multimetode diskrit dan multimedia, praktek dan bekerja dalam tim, memanfaatkan lingkungan sekitar, diadakan di dalam dan di luar kelas, serta multi aspek (logika, praktek dan etika). PAKEM diharapkan melahirkan generasi mendatang berkualitas tinggi dan mampu menjawab dan memainkan peran dalam adegan global. Mahasiswa program pendidikan untuk guru sekolah dasar yang akan terjun sebagai guru, dan mengelola kelas, kelas bernyawa dapat dibangun dengan kemampuan berpikir kritis yang dapat dibuat selama kuliah kegiatan berlangsung, seperti konsep dasar tentang hal-hal ilmu sosial untuk mata kuliah semester 1 siswa sekolah dasar guru pendidikan Fakultas Pendidikan IKIP PGRI Semarang.

 

Kata Kunci: PAKEM, Pengelolaan Kelas, Berpikir Kritis, Calon Guru


Full Text: PDF