Last modified: 2014-05-06
Abstract
Membaca merupakan upaya seseorang untuk meningkatkan diri dan berinovasi. Latar belakang artikel ini yaitu berdasarkan hasil pengamatan pada semester satu PGSD sebagai calon guru (mahasiswa) terlihat bernilai rendah jiwa juangnya dalam kegiatan membaca intensif. Terbukti hasil UTS mereka tidak mampu menuliskan jawaban yang sempurna. Mereka hanya menuliskan apa yang mereka dengar dari penjelasan pengajar dan itupun tidak sempurna. Pembelajaran PAKEM sangatlah penting diketahui, dipahami, dan dipraktikan oleh calon guru SD, maka perlu adanya implementasi pembelajaran PAKEM. PAKEM merupakan pembelajaran inovatif dan sejalan dengan kurikulum 2013. Langkah-langkah pembelajaran PAKEM seirama dengan pendekatan scientific. Pendekatan pelaksanaan perkuliahan ini menggunakan penugasan membaca agar tercipta pembiasaan membaca pada kalangan mahasiswa. Pemberdayaan membaca ini berawal dari penugasan dan selanjutnya sampai tercipta budaya kebutuhan membaca. Pemberdayaan membaca berlangsung selama 4 bulan. Keberhasilan pemberdayaan membaca ditinjau dari analisis rekap tugas membaca dan perbandingan hasil UTS dan UAS mahasiswa. Kebutuhan membaca pada mahasiswa akan diimplementasikan pada siswa SD kelak mereka mengajar.
Kata Kunci: Pemberdayaan Membaca, Pembelajaran PAKEM