Seminar Universitas PGRI Semarang, mbs_2013

Font Size: 
IMPLEMENTASI PAKEM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Ferina Agustini, Khusnul Fajriyah, Husni Wakhyudin

Last modified: 2014-05-06

Abstract


Pembelajaran PAKEM dirancang agar mampu mengundang partisipasi anak, mengaktifkan baik secara fisik maupun mental, mengembangkan kreatifitas, sehingga efektif namun tetap menyenangkan. Model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) merupakan salah satu alternatif dalam mengimplementasikan PAKEM. Unsur-unsur PAKEM yang terdiri atas pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dapat diakomodasi melalui penerapan atau implementasi model pembelajaran kontekstual di sekolah dasar. Unsur Aktif siswa baik secara fisik dan mental dapat diwujudkan melalui penggunaan medote yang interaktif seperti tanya jawab, pengamatan, demonstrasi, yang sesuai dengan komponen konstruktivisme dan bertanya (questioning). Kreativitas siswa  dapat dicapai melalui komponen inkuri dimana siswa dapat menghasilkan beragam pemikiran dan produk melalui kegiatan menemukan konsep. Efektif atau tepat sasaran dalam sesuai tujuan pembelajaran akan dicapai karena model pembelajaran kontekstual sesuai dengan tahapan berpikir siswa sekolah dasar. Suasana menyenangkan akan dirasakan siswa karena siswa terlibat secara aktif dalam semua komponen pembelajaran yang menjadi prinsip pembelajaran kontekstual. Serangkaian kegiatan yang beragam yang dikelola dalam model pembelajaran kontekstual dapat mengatasi rasa bosan pada siswa.

 

Kata Kunci: PAKEM, Model Pembelajaran Kontekstual


Full Text: PDF