Seminar Universitas PGRI Semarang, mbs_2013

Font Size: 
PENERAPAN PAKEM DENGAN METODE THINK-PAIR-SHARE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD
Aries Tika Damayani

Last modified: 2014-05-06

Abstract


PAKEM adalah singkatan dari Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. PAKEM merupakan model pembelajaran yang diterapkan dalam kurikulum yang disempurnakan di bawah bimbingan MBE (managing based of education) dari UNESCO yang dalam aplikasinya pembelajaran yang mengembangkan kemampuan kritis, kreatif dan kemampuan memecahkan masalah. PAKEM dan kontekstual pada pembelajaran matematika perlu didukung model-model pembelajaran yang sesuai, salah satunya yaitu dengan pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share. Think-pair-share merupakan suatu cara yang efektif untuk membuat variasi suasana pola diskusi kelas. Dengan asumsi bahwa semua resitasi atau diskusi membutuhkan pengaturan untuk mengendalikan kelas secara keseluruhan, dan prosedur yang digunakan dalam think-pair-share dapat memberi siswa lebih banyak waktu berpikir, untuk merespons, dan saling membantu. Pembelajaran matematika merupakan serangkaian kegiatan yang melibatkan pendidik dan peserta didik secara aktif untuk memperoleh pengalaman dan pengetahuan matematika. Dengan menerapkan dengan metode think-pair-share pada pembelajaran matematika di SD, prinsip-prinsip PAKEM yaitu pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan dapat terealisasi secara optimal. Sehingga tujuan dalam pembelajaran pun akan tercapai optimal.

Kata Kunci: Penerapan PAKEM, TPS, Pembelajaran

Full Text: PDF