Seminar Universitas PGRI Semarang, mbs_2013

Font Size: 
PAKEM PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN SENI RUPA DAN KETERAMPILAN SEBAGAI PROSES MEMBANGUN KREATIVITAS
Riris Setyo Sundari

Last modified: 2014-05-06

Abstract


Pendidikan seni berfungsi secara multilingual, multidimensional, dan multikultural. Fungsi pendidikan seni secara multilingual yang bermakna pendidikan seni mampu memberikan kesempatan kepada anak untuk berekspresi melalui beragam media non verbal. Proses ekspresi melalui bahasa non verbal menuntut anak untuk kreatif menuangkan ide dan gagasan mereka. Proses kreatif anak dalam pendidikan seni memungkinkan anak untuk membangun kreativitas. Pendidikan seni rupa sebagai salah satu cabang dari pendidikan seni memberikan kesempatan untuk membangun kreativitas. Mata kuliah pendidikan seni rupa dan keterampilan yang diikuti oleh mahasiswa PGSD IKIP PGRI semester 5 mampu menjadi wadah untuk membangun kreativitas. Mata kuliah Pendidikan Seni Rupa dan Keterampilan membutuhkan motor penggerak untuk mampu membangun kreativitas mahasiswa. PAKEM dipilih karena PAKEM memberikan kesempatan kepada mahasiswa sebagai pebelajar untuk aktif ikut serta dalam proses pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Seni Rupa mampu membangun kreativitas mahasiswa.

Kata Kunci: PAKEM, Pendidikan Seni Rupa dan Keterampilan, Kreativitas


Full Text: PDF