Last modified: 2014-01-10
Abstract
Pembelajaran merupakan jantung dari proses pendidikan dalam suatu institusi pendidikan. Kualitas pembelajaran bersifat kompleks dan dinamis, dapat dipandang dari berbagai persepsi dan sudut pandang yang melintasi garis waktu. Pada tingkat mikro, pencapaian kualitas pembelajaran merupakan tanggung jawab profesional seorang guru, misalnya melalui penciptaan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa dan fasilitas yang diperoleh siswa untuk mencapai hasil belajar yang maksimal. Pada tingkat makro, melalui sistem pembelajaran yang berkualitas, lembaga pendidikan bertanggungjawab terhadap pembentukan tenaga pengajar yang berkualitas, yaitu yang dapat berkontribusi terhadap perkembangan intelektual, sikap, dan moral dari setiap individu peserta didik sebagai anggota masyarakat. Pembelajaran seharusnya menjadi aktivitas bermakna yakni pembebasan untuk mengaktualisasi seluruh potensi kemanusiaan, bukan sebaliknya. Seiring dengan pengembangan filsafat konstruktivisme dalam pendidikan selama decade ini, muncul pemikiran kritis dalam rangka merenovasi pembelajaran bagi peserta didik menuju pembelajaran yang berkualitas, humanis, organis, dinamis, dan konstruktif. Salah satu pemikiran kritis tersebut adalah pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan atau PAIKEM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran PAIKEM pada pelaksanaan program Manajemen Berbasis Sekolah atau MBS. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang digunakan untuk mengkaji implementasi pembelajaran PAIKEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran telah dilaksanakan sesuai dengan model PAIKEM. Model pembelajaran yang dilaksanakan menggunakan model-model pembelajaran aktif dengan berbagai pendekatan, seperti dilaksanakannya pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar dalam bentuk pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas. Dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran PAIKEM dapat meningkatkan mutu pembelajaran.
Kata kunci : implementasi, PAIKEM, pembelajaran