Seminar Universitas PGRI Semarang, PROSIDING SEMINAR NASIONAL HASIL-HASIL MBS

Font Size: 
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA METODE MIND MAP BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA
Husni Wakhyudin

Last modified: 2014-01-10

Abstract


Kemampuan komunikasi matematika merupakan salah satu kemampuan yang dituntut dalam Kurikulum Pelajaran Matematika untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama. Dirancang perangkat pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) dihasilkan Perangkat Pembelajaran matematika metode Mind Map berbasis kontekstual pada materi bangun ruang sisi datar yang valid menumbuhkan kemampuan komunikasi matematik siswa dan (2) menentukan keefektifan pembelajaran matematika dengan perangkat tersebut. Prosedur pengembangan menggunakan model Plomp meliputi preliminary research/front-end analysis, prototyping dan assesment. Subjek uji coba perangkat pembelajaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII  SMP N 17 Kota Tegal sebanyak dua kelas. Instrumen  pengumpulan data dalam penelitian ini instrumen tes hasil belajar dan lembar validasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif terhadap hasil penilaian validator terhadap perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, serta analisis kuantitatif uji banding t dan uji pengaruh dengan regresi.Hasil penilaian validator didapatkan rata-rata nilai Silabus 4.09,  RPP 4.08, SBS 4.12, LKS 4.10, dan Instrumen Prestasi Belajar. Hasil perhitungan didapatkan Kemampuan komunikasi matematik siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal dengan thitung sebesar 7,862 > ttabel untuk untuk df=33 dan α=0,05. Kemampuan komunikasi matematik pada kelas uji coba lebih baik dibanding kelas kontrol dengan rataan kelas uji coba 83 dan rataan kelas kontrol 76. Aktifitas dan ketrampilan proses siswa selama proses pembelajaran berpengaruh positif sebesar 75,2 % terhadap kemampuan komunikasi matematik.

Perangkat  pembelajaran matematika metode Mind Map berbasis kontekstual  dapat digunakan guru matematika dalam menyajikan materi matematika untuk menumbuhkan kemampuan komunikasi matematik siswa.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Mind Map, Kontekstual, Komunikasi Matematik.


Full Text: PDF