Seminar Universitas PGRI Semarang, MATHEMATICS AND SCIENCES FORUM 2014

Font Size: 
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN READING GUIDE DAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) BERBANTUAN MEDIA KARTU DOMINO TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
V. MulianitaS, Wiryoatmojo Wiryoatmojo, Supandi Supandi

Last modified: 2014-12-23

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui ada atau tidak perbedaan efektivitas model pembelajaran Reading Guide dan Missouri Mathematic Project (MMP) berbantu media kartu domino dan yang mendapatkan model pembelajaran konvensional.Penelitian ini menggunakan True Eksperimental dengan jenis penelitian Posttest Only Control Design. Setelah didapat data akhir dilakukan perhitungan uji hipotesis 1, uji hipotesis 2, uji hipotesis 3, dan uji hipotesis 4 sehingga didapat kesimpulan bahwa ada perbedaan efektivitas antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Reading Guide berbantu media kartu domino dan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) berbantu media kartu domino dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; efektivitas model pembelajaran Reading Guide berbantu media kartu domino lebih baik dibanding siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional;efektivitas model pembelajaran model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) berbantu media kartu dominolebih baik dibanding siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional; dan tidak ada perbedaan efektivitas antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Reading Guide berbantu media kartu domino dengan siswa yang mendapatkan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) berbantu media kartu domino. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas model pembelajaran Reading Guide berbantu media kartu domino dan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) berbantu media kartu domino lebih baik dibanding model pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : efektivitas, Reading Guide, Missouri Mathematic Project (MMP), media kartu domino, hasil belajar.

Full Text: 763-768